Home » » 10 Film Indonesia Terpopuler 2012

10 Film Indonesia Terpopuler 2012

film bioskop terlaris
Film Indonesia Terlaris 2012 - Industri film nasional mengalami penurunan jumlah penonton sejak empat tahun belakangan. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor selain kalah persaingan dengan film Hollywood. Namun di tahun 2012 ada beberapa film Indonesia yang sukses dan banyak menyedot penonton sepanjang 2012 seperti dilansir dari detikHot


Film Bioskop Indonesia Terpopuler 2012

1. The Raid
The Raid
'The Raid' memiliki cerita sederhana tentang penyerbuan tim elit ke sebuah gedung apartemen terlantar yang menjadi tempat perlindungan gangster paling berbahaya. Yang menjadi daya tarik film ini adalah adegan pertarungan jarak dekat dari para bintang-bintangnya seperti Iko Uwais, Joe Taslim, Yayan Ruhiyan dan beberapa pemeran pendukung yang merupakan petarung profesional. 'The Raid' berhasil menyedot 1.844.817 penonton di negeri sendiri.


2. Negeri 5 Menara
Negeri 5 Menara
Negeri 5 Menara' bercerita tentang kehidupan 6 santri dari 6 daerah di Indonesia yang menuntut ilmu di Pondok Madani, Ponorogo, Jawa Timur. Jauh dari rumah dan keluarga, mereka bahu-membahu mewujudkan mimpinya dengan usaha yang keras.

David Chalik, Lulu Tobing, Andhika Pratama, Donny ALamsyah, dan Mario Irwansyah mengisi deretan pemain. Film arahan sutradara Affandi Abdul Rahman itu mendapatkan sambutan yang cukup bagus dari masyarakat penikmat film Indonesia dengan menyedot 765.425 penonton.


3. Perahu Kertas
perahu kertas
Perahu Kertas mengisahkan pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). Kisah bermula ketika mereka berdua kuliah di Bandung. Kugy, yang bercita-cita ingin menjadi penulis dongeng, kuliah di Fakultas Sastra. Ia punya kebiasaaan unik, yaitu suka membuat perahu kertas yang kemudian dilarungkannya di sungai.

Keenan, pelukis muda berbakat, dipaksa untuk kuliah di Fakultas Ekonomi oleh ayahnya. Bersama dengan sahabat Kugy sejak kecil, Noni (Sylvia Fully R), serta pacar Noni, yakni Eko (Fauzan Smith), yang juga adalah sepupu Keenan, mereka berempat menjadi geng kompak.

Dari yang semula saling mengagumi, Kugy dan Keenan diam-diam saling jatuh cinta. Tapi berbagai hal menghalangi mereka. Tak hanya itu, persahabatan Kugy dan Noni pecah ketika Kugy, demi menjaga hatinya, tak datang pada pesta ulang tahun Noni yang diadakan di rumah Wanda.

Sutradara Hanung Bramantyo mengadaptasi novel 'Perahu Kertas' Dewi Lestari dalam dua film layar lebar. Film tersebut berhasil menyedot 588.615 penonton.


4. 5 Cm
5cm
Film yang diadaptasi dari novel superlaris, '5cm' mampu merangkul basis pembaca novel. Dengan sederet nama terkenal sebagai bintang utamanya yang menjadi daya tarik seperti Herjunot Ali, Pevita Pearce, Fedi Nuril, Denny Sumargo, dan Raline Shah mampu menyedot 500.000 hanya dalam 5 hari.


5. Soegija
Soegija
Sutradara Garin Nugroho selama ini dikenal sebagai salah satu filmmaker Tanah Air yang memiliki idealisme sendiri untuk karyanya. Tak jarang beberapa pihak menilai film-film Garin sulit dimengerti. Ia pun 'bertobat' lewat 'Soegija'.

Lewat 'Soegija', Garin ingin melukiskan kisah-kisah kemanusiaan di masa perang kemerdekaan bangsa Indonesia dari kurun 1940 hingga 1949. Ia mengangkat tokoh uskup pribumi Gereja Katolik Indonesia, Soegija.

Tokoh Soegija sendiri diperankan oleh Nirwan Dewanto, serta beberapa bintang dari negara lain seperti Nobuzuki yang berperan sebagai tentara Jepang Suzuki, Wouter Zweers (tentara Belanda), dan Olga Lydia sebagai penduduk etnis Tionghoa. 'Soegija' yang merupakan film termahal Garin (Rp 12 milyar) itu mampu menyedot 459.465 penonton.


6. Nenek Gayung
Nenek Gayung
Artis seksi Nikita Mirzani mendapatkan peran utama keduanya lewat 'Nenek Gayung'. Dalam film tersebut, Nikita berperan sebagai wanita cantik jelmaan hantu nenek-nenek. Selain Nikita Mirzani, film itu dibintangi Zacky Zimah, Joe Richard, Yadi Sembako, Tata Sivek, dan Kartika Putri. Ada pula aktris senior Yurike Prastika dan comic Mudy Taylor. 'Nenek Gayung' yang dirilis April lalu berhasil menyedot 434.732 penonton.


7. Rumah Kentang
Rumah Kentang
Rumah Kentang adalah film horor yang becerita tentang teror hantu dalam sebuah rumah. Film yang disutradarai oleh Jose Poernomo menampilkan Shandy Aulia dan Tasya eks penyanyi cilik sebagai bintang utamanya.

Dalam film itu, Shandy berperan sebagai wanita mandiri bernama Fara. Karena ibunya meninggal dunia, Fara yang tinggal di luar negeri harus kembali ke Tanah Air untuk merawat sang adik. Ini adalah film horor pertama Shandy Aulia. Film yang dirilis pada 4 Oktober lalu itu mampu menyedot 401.067 penonton.


8. Perahu Kertas 2
perahu kertas
Cerita berawal sejak Kugy (Maudy Ayunda) yang akhirnya bertemu kembali dengan Keenan (Adipati Dolken) dalam resepsi pernikahan sahabat mereka. Keduanya terkejut saat bertemu satu sama lain.

Saat itu Keenan kepada Kugy ia mengaku sudah memiliki pasangan yang bertempat di Bali. Begitu sebaliknya, Kugy memberitahukan jika dirinya telah memiliki tambatan hati. Sebelum akhirnya berpisah, Keenan mengajak Kugy untuk pergi ke suatu tempat yang tidak akan diberi tahu olehnya terlebih dahulu.

Bagian kedua film adaptasi novel Dewi Lestari itu ditonton 387.073 orang.


9. Rumah Bekas Kuburan
Rumah Bekas Kuburan
Aktris yang digadang-gadang menjadi the next Suzanna, Julia Perez gentayangan lewat film terbarunya, 'Rumah Bekas Kuburan' pada 2 Februari lalu. Karina (Julia Perez) menyimpan masa lalu kelam. Larasati (Fifie Buntaran) tidak sengaja terbunuh ketika Karina kepergok selingkuh dengan Danu, suami Larasati. Akibat kesalahan itu, Kirana harus memberikan tumbal pada arwah Larasati. Film yang diproduseri Shanx RS membukukan 279.144 penonton.


10. Bangkit Dari Kubur
bangkit dari kubur
Bangkit dari Kubur adalah film horor yang akan dirilis pada 21 Juni 2012. Film ini disutradarai oleh Koya Pagayo dan menampilkan Chika Jessica serta Reymond Knuligh. Meskipun cast-nya banyak diisi nama-nama baru, film ini mampu menyedot 246.175 penonton.

Google+